04 Mei 2016

Cara Untuk Menjaga Kesehatan dan Keindahan Kulit Dari Dalam tubuh

Diet rendah gula untuk kulit cantik

Menjaga kesehatan kulit dari dalam - Ingin memiliki kulit cantik, jagalah pola makan Anda. Makanan yang banyak mengandung gula serta tinggi indeks glikemiknya ternyata mempercepat proses penuaan kulit.

Hasil studi yang di publikasikan oleh British Journal of Dermatology, mengungkapkan bahwa efek penuaan kulit seperti menurunnya jumlah kolagen dan penipisan pada kulit, terjadi sekitar usia 35 tahun. Oleh sebab itu, menjaga kulit dari dalam sangatlah penting dengan cara memperhatikan apa yang kita konsumsi. Salah konsumsi makanan bisa menjadikan cepatnya proses penuaan. 

"Makanan tinggi gula dan karbohidrat yang mengandung indeks glikemik tinggi seperti pasta, permen, roti putih terbukti menjadi penyebab peradangan di tubuh yang berakibat pada cepatnya proses penuaan kulit.,"ujar Dr. Stefanie Williams, ahli kulit dan seorang pendiri www.eudelo.com.

Hasil studi dari Leiden University Medical Center di Belanda adalah yang pertama kali membuktikan bahwa jumlah gula dalam tubuh dan penampilan seseorang, akan menjadikan mereka tampak semakin tua. Menjaga kesehatan kulit dari dalam sama saja dengan memilih makanan yang sehat. Karena kandungan makanan bermacam-macam dan jika berlebihan bisa berdampak tidak baik bagi tubuh. 

Saat gula darah terus menerus ada dalam siklus yang tinggi-rendah karena makanan yang tinggi gula dan karbohidrat, molekul gula akan melekat pada protein secara permanen juga termasuk kolagen pada kulit.

Proses itu disebut glycation, dan akan menghasilkan senyawa AGES (Advanced Glyvation End Products). "Efeknya, jaringan menjadi tidak fleksibel dan kaku, kulit menjadi lebih kasar, kendor dan berkerut lebih dini," tambahnya.

Diet rendah gula untuk kulit cantik terbaru


Sering mengkonsumsi susu dan produk susu, mungkin juga dapat menaikkan kadar hormon dan mengakibatkan terjadinya jerawat. Demikian ungkap Prof. Nicholas Lowe, ahli kulit dari London.

"Meskipun pernah ada ahli kulit yang mengungkapkan tidak ada kaitan antara pola makan dan jerawat, terdapat bukti bahwa antara makanan kaya gula, karbohidrat, coklat susu dengan meningkatnya jerawat pada kulit," ujarnya.

Saat ia menginstruksikan pasien dengan penyakit kulit seperti psoriasis, jerawat, dan eksim untuk mengurangi konsumsi gula dan olahan susu, kondisi mereka berangsur membaik. "Mengatur pola makan akan mengurangi tingkat keparahan gangguan pada kulit," ujar Lowe.

Menurunkan konsumsi makanan manis dan makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi menurutnya dapat membantu mempercantik kulit. Tapi, jika kita ingin menjaga gula darah tetap stabil serta mengurangi jerawat sekaligus mencegah penuaan dini, Dr William menghimbau untuk menghindari semua makanan yang bertepung. Ia menghimbau untuk meningkatkan konsumsi protein tanpa lemak seperti daging ayam, domba, sapi, ikan, tahu serta yang pasti banyak konsumsi sayuran.

"Hindari buah yang manis dan makanlah buah segar secukupnya," ujarnya. Ia menghimbau untuk mengkonsumsi buah beri yang tinggi antioksidan. Antioksidan tersebut, membantu mencegah penuaan kulit.

Kandungan yang baik dari makanan akan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.


Sumber : health.kompas.com

Artikel Terkait

Cara Untuk Menjaga Kesehatan dan Keindahan Kulit Dari Dalam tubuh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Komentar cerdas dan bermanfaat....