02 Mei 2016

Cara Baru Untuk Memutihkan atau Menggelapkan Kulit Secara Alami dengan Hormon

Cara baru memutihkan dan meghitamkan kulit

Para ilmuwan telah berhasil menemukan bagaimana caranya mengontrol perubahan warna kulit (pigmentasi). Penemuan itu akan berpengaruh pada pemutihan atau penggelapan kulit dengan cara yang aman.

Perbedaan warna kulit kita dipengaruhi oleh hormon estrogen dan hormon progesteron, estrogen untuk menggelapkan kulit dan progesteron untuk mencerahkan kulit. 

Ilmuwan mengungkapkan ada dua reseptor tingkat sel yang diduga mengendalikan proses perubahan warna kulit, yang disebut melanocytes.

Selain itu, terdapat dua molekul yang hampir sama dengan estrogen dan progesteron yang dapat mengaktifkan reseptor itu untuk merangsang penggelapan dan pencerahan kulit tenpa mengakibatkan perubahan pada tubuh lain, yang normalnya dikaitkan dengan kedua hormon tersebut.

Krim yang mengandung dua buah molekul ini suatu saat nanti dapat membantu orang-orang yang menderita kelainan tertentu pada kulit sehingga warna kulitnya tidak rata. Seperti penyakit Vitiligo, penyakit autoimun yang menjadikan sebagian kulit kehilangan kemampuan untuk membuat melamin. Bintang musik POP Michael Jackson menjadi salah satu contoh orang yang menderita vitiligo.



Krim ini nantinya dapat dipakai dalam kosmetik, atau untuk Anda yang ingin mencerahkan atau menggelapkan kulit tanpa terpapar sinar matahari ataupun alat tanning.

Penelitian itu dilaksanakan berdasarkan fenomena yang sudah lama diamati yaitu kulit wanita cenderung berubah selama hamil.

Hippocrates, seorang dokter di Yunani yang hidup 2.400 tahun yang lalu, menyadari bahwa terdapat bintik kehitaman yang muncul pada tubuh ibu hamil. Walaupun kurang tepat, tapi ketika itu ia menduga bahwa bintik hitam tersebut berhubungan dengan jenis kelamin bayi.

Ilmuwan modern telah menghubungkan perubahan pigmen dengan hormon seks. Tapi, bagaimana persisnya hormon seks ini dapat berpengaruh pada pigmentasi kulit masih menjadi pertanyaan sejak lama. Baru sekarang dipahami setelah ditemukannya dua buah reseptor hormon estrogen dan progesteron.


Sumber : health.kompas.com

Artikel Terkait

Cara Baru Untuk Memutihkan atau Menggelapkan Kulit Secara Alami dengan Hormon
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Komentar cerdas dan bermanfaat....