11 Mei 2016

Mengapa Kulit Terkelupas Ketika Memakai Pembersih Kuteks? Ini Jawaban Dokter


Kulit terkelupas saat menggunakan pembersih kuteks

Mewarnai kuku-kuku jari merupakan salah satu cara mempercantik diri. Beberapa wanita memang senang mewarnai kukunya dengan kuteks. Tidak heran mereka sering gonta-ganti warna kuteks. Sayang sekali, ada beberapa orang yang mengalami kulit terkelupas ketika memakai pembersih kuteks. Mengapa hal itu bisa terjadi?

"Terkelupasnya kulit karena iritasi yang juga termasuk peradangan. Istilah medisnya adalah dermatitis kontak iritasi", ujar Dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Center, Denpasar Bali.

DKI (Dermatitis Kontak Iritan) adalah reaksi imunologis kulit terhadap gesekan ataupun paparan bahan asing yang menjadi penyebab iritasi pada kulit. DKI memiliki ciri, kemerahan pada area kulit yang terkena panas, gatal-gatal, dan kadang juga nyeri. Pada kasus tertentu, dijumpai pula fissur (kerusakan) di area kulit yang terpapar.

Penyebabnya adalah segala jenis bahan kimia ataupun larutan rumah tangga yang jika terpapar secara rutin dalam waktu yang lama. Mikroorganisme seperti jamur, suhu, ataupun kelembapan juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami Dermatitis Kontak Iritan.

"Kondisi tersebut bisa disembuhkan. Pengobatannya dapat menggunakan anti radang," ungkap Dr. Nyoman Darma. 

Kulit terkelupas saat menggunakan pembersih kuteks

"Untuk Anda yang sedang mengalami ini, hindari kegiatan menggaruk, mengucek ataupun memegang-megang area area kulit yang terpapar karena akan mengakibatkan kulit menjadi gelap dan menebal," tambah Dr. Nyoman Darma.

Kulit yang menghitam tadi dapat kembali normal setelah menghilangkan penyebab dari Dermatitis tadi. Dr. Nyoman Darma menganjurkan untuk memberikan salep steroid jangka pendek dan vitamin sekaligus pelembap.

Penanganan utama pada iritasi kulit adalah menghentikan paparan bahan yang memicu iritasi serta mencegah bahan iritan lain bersentuhan dengan kulit Anda. Perlu Anda ketahui, bahan yang biasanya tak menimbulkan iritasi juga dapat memperparah iritasi Anda. Bahan apa sajakah itu? Bisa minyak kayu putih, pasta gigi, atau juga minyak gosok lain.

Tidak perlu khawatir iritasi akan meyebar ke bagian tubuh lain. Jika timbul iritasi di tempat lain, maka kemungkinannya  adalah Anda telah kontak dengan bahan lain penyebab iritasi.


Sumber : health.detik.com

Artikel Terkait

Mengapa Kulit Terkelupas Ketika Memakai Pembersih Kuteks? Ini Jawaban Dokter
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Komentar cerdas dan bermanfaat....