05 Mei 2016

Hindarilah Delapan Jenis Makanan Ini yang Dapat Merusak Kecantikan Kulit Anda

Nasi putih, makanan yang merusak kulit

Apa yang kita konsumsi setiap hari, mempunyai efek besar terhadap kondisi kesehatan kita, termasuk kesehatan kulit. Pepatah mengatakan, Anda adalah apa yang Anda makan. Pilihan makanan yang buruk juga akan sejalan dengan kondisi kesehatan yang buruk, begitu sebaliknya.

"Seorang dokter spesialis kulit dan penulis buku The Sugar Detox, Patricia Farris, MD mengatakan "pengalaman serta keilmuan kami mengajarkan bahwa nutrisi yang buruk mempunnyai efek yang sama merugikannya dengan rokok bagi kulit."

Pola makan yang tidak baik akan mengakibatkan inflamasi (peradangan) yang menjadi pemicu stres oksidatif dan pada akhirnya akan merusak DNA dan jaringan kolagen sehingga membuat kulit tampak tua dan kusam.

Ini dia delapan makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat merusak kulit Anda.

1. Permen

Gula dapat merusak jaringan kolagen dan elastin yang bermanfaat untuk membuat kulit kenyal dan lembut.

Permen, makanan yang merusak kulit


2. Nasi Putih

Nasi putih banyak mengandung karbohidrat yang dapat menyebabkan kadar gula darah naik secara drastis. Tubuh kita mengolah karbohidrat sederhana dengan mengubahnya menjadi glukosa.

Saat glukosa terbentuk, glukosa merusak jaringan kolagen kulit serta menjadikan tingkat kekencangan kulit berkurang.

3. Susu

Hasil studi menunjukan bahwa susu dapat mempengaruhi insulin, menjadi penyebab peradangan (inflamasi), dan meningkatkan produksi minyak. Efeknya, wajah akan menjadi kusam.

Untuk mengurangi resiko itu, lebih baik memilih susu organik karena mengandung hormon alami, bukan hormon tambahan yang biasanya terdapat dalam susu organik.

4. Sereal Sehat

Jangan mudah tertipu dengan kemasan produk. Meskipun gandum meruoakan sumber karbohidrat yang baik, beberapa produsen mengolahnya dengan berlebihan. Selain itu, banyak produk sereal yang mengandung gula yang dapat merusak kekenyalan kulit.

5. Keripik

Keripik mengandung karbohidrat olahan tinggi yang dapat menyebabkan inflamasi (peradangan). Inflamasi dapat menjadi pemicu stres oksidatif kolagen dan DNA. Hasilnya, kerutan pada kulit bertambah dan muncul kerutan dini.

6. Soda dan Jus

Anda mungkin sudah tahu bahwa minuman bersoda dan sari buah mengandung gula. Kandungan serat di dalam jus kemasan juga sangat sedikit dibandingkan jus alami buatan sendiri. Oleh sebab itu, manfaatnya menjadi sedikit dibandingkan dengan kerugian yang akan ditimbulkan.

7. Margarin

Kulit membutuhkan lemak supaya tetap lembab dan kenyal. Tapi tidak semua lemak baik untuk kulit, seperti lemak trans yang biasanya ada di dalam produk margarine.

Lemak trans akan mengakibatkan kulit kering dan kulit yang cepat keriput, kata studi yang dipulikasikan oleh Journal of the American College of Nutrition.

8. Makanan Cepat Saji

Tinggi lemak dan tinggi pula indeks glikemiknya, merupakan bahaya makanan cepat saji. Hal itu bisa menjadi pemicu berlebihnya produksi minyak sehingga wajah akan rentan jerawat, demikian menurut studi dalam Journal of the American of Dermatology.

Itulah 8 makanan yang berpotensi merusak kulit, jika dikonsumsi berlebihan. Jangan lupa, makanlah makanan yang sehat. 


Sumber : health.kompas.com

Artikel Terkait

Hindarilah Delapan Jenis Makanan Ini yang Dapat Merusak Kecantikan Kulit Anda
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Komentar cerdas dan bermanfaat....