03 Mei 2016

Mengapa Kulit Anda Cepat Menua (Keriput) Sebelum Waktunya?

Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit

Tidak ada yang abadi di dunia ini, semua akan menjadi rapuh dan akhirnya rusak. Seperti halnya manusia, proses penuaan tidak akan bisa dihentikan. Tetapi, kadang-kadang tanda penuaan terjadi lebih cepat dari seharusnya. Oleh karena itu kita perlu mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menjadi pemicu munculnya tanda penuaan.

Ahli nutrisi serta terapi, juga pendiri Food Coach, Dana James menjelaskan apa saja yang menjadi penyebab penuaan dini serta cara mengatasinya secara alami :

1. Stres

Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia, tapi apabila berlebihan bisa mencuri nutrisi penting untuk kesehatan kulit.

"Ketika stres, tubuh menghabiskan berbagai macam nutrisi termasuk magnesium dan vitamin C untuk memproduksi hormon stres, seperti kortisol, adrenalin dan non adrenalin" ujar James.

Magnesium serta vitamin C menjadi peran penting untuk pembentukan kolagen. Jika Anda stres, konsumsilah vitamin C, magnesium serta vitamin B kompleks setiap harinya.

2. Penurunan pada Hormonal

Wanita yang sedang menstruasi (datang bulan) atau menopause, biasanya lebih sering mengkonsumsi gula untuk memperbaiki moodnya. Ternyata hal itu dapat menjadi pemicu untuk lonjakan hormon insulin.

Efek lain yang dialami tubuh adalah inflamasi (peradangan) dan produksi enzim yang memecah kolagen serta elastin yang dapat menambah kerutan pada kulit. 

Melakukan kegiatan yang positif sangat dianjurkan untuk mengurangi perasaan yang naik turun saat PMS sehingga dapat mengendalikan konsumsi makanan tertentu yang berlebihan.

3. Gelisah serta Kurang Tidur

Peremajaan kulit terjadi saat malam hari ketika tidur. Tidur cukup sangat diperlukan supaya kulit sehat.

"Tidur kurang dari 6 jam dapat menyebabkan ghrelin meningkat serta biasanya akan terbangun dikarenakan lapar. Ghrelin juga sebagai pemicu untuk makan makanan yang berkarbohidrat" tambahnya.

Sebelum Anda tidur, lakukanlah meditasi selama 10 menit untuk menenangakan pikiran serta konsumsi 400 mg magnesium apabila Anda sering sulit tidur.

Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit


4. Minum Alkohol

Minuman beralkohol menjadikan tubuh terdehidrasi serta menyerap vitamin B dan magnesium, dimana zat itu dibutuhkan untuk kesehatan kulit. "Hal itu juga berpengaruh pada GABA, yaitu neurotransmitter yang membuat tertidur" pungkas James.

5. Kurang Lemak dan Minyak

Jika kulit Anda terlalu kering dan bersisik, berarti Anda kekurangan lemak. Membran sel kita, termasuk sel kulit, terbentuk dari lemak jenuh serta penting untuk mengkonsumsi omega 6 dan omega 3.

Pilih lemak dengan pemrosesan yang minimal seperti minnyak kelapa karena mengandung asam lemak baik. Kreasikan ke dalam resep makanan Anda.


Sumber : health.kompas.com

Artikel Terkait

Mengapa Kulit Anda Cepat Menua (Keriput) Sebelum Waktunya?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Komentar cerdas dan bermanfaat....