10 Mei 2016

Anak Albino Dipandang Normal Berkat Kemunculan Karakter Film Frozen 'Putri Elsa'


Seseorang yang memiliki kulit albino, secara fisik memang berbeda. Itu karena warna kulit serta rambutnya yang pucat. Jika Anda amati, karakter Putri Elsa di film Frozen yang sangat laris di pasaran tersebut juga mempunyai warna rambut yang pucat seperti rambutnya orang albino.

Emily Urquhart, mempunyai putri dengan albino bernama Sadie. Kadang-kadang, memiliki rambut albino memang tidak mudah lantaran orang sekitar akan menganggapnya berbeda. Hingga suatu saat, teman sekelasnya Sadie menyadari bahwa si Sadie mempunyai warna rambut layaknya Putri Elsa. "Hai, kamu memiliki rambut seperti Putri Elsa," kata teman sekelas Sadie.

Untung saja Putri Elsa adalah tokoh protagonis, yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan es dengan jari-jarinya. Untuk Emily, kehadiran karakter Putri Elsa yang menjadikannya tertarik bukan karena Putri Elsa adalah perempuan kuat, tetapi karena mempunyai rambut putih seperti anaknya.



"Perbedaanya yaitu, rambut Putri Elsa adalah perwujudan dari kekuatan es nya, sedangkan Sadie karena mempuyai albinisme yang artinya dia mempunyai sedikit atau bahkan tidak ada pigmen di rambut, mata, kulitnya. Diapun harus menggunakan kacamata karena daaya penglihatan yang rendah," kata Emily.

Hingga sekarang usia anaknya menginjak 6 tahun, Emily sudah mendengar ribuan komentar yang berhubungan dengan kondisi anaknya. Bahkan saat Sadie baru saja lahir, banyak sekali orang di Rumah Sakit yang datang untuk melihat 'bayi rambut putih'.

Sebagai ibu dari Sadie, tentu hal itu tidak mudah. Emily mencemaskan kehidupan anaknya kelak. Bagaimana kelak Sadie menghadapi bayak komentar dan tatapan aneh dari orang lain.

Hingga sekarang keluarlah Putri Elsa. Orang-orang menjadi menyukai Sadie sebab ada sesuatu yang sama dengan karakter Putri Elsa. "Seolah-olah karakter film ini 'menormalkan' perbedaan yang ada pada putri saya," tambahnya.

Karena Putri Elsa mempunyai karakter yang baik, maka Sadie pun ikut dilihat baik. Namun Emily khawatir apabila muncul karakter lain yang menyingkirkan Putri Elsa. Apalagi ada film Hollywood yang melihat albino sebagai kondisi yang aneh dan menakutkan. Emily memberi contoh film seperti film The Matrik Reloaded serta TV Doctor Who.

Emily menegaskan bahwa orang albino tidak berbeda dari yang lainnya. Sadie terlihat seperti kebanyakan anak perempuan berusia lima tahun yang menyukai warna merah muda serta akan bereaksi berlebihan jika adiknya mendapat banyak perhatian.

Albino sendiri adalah sesuatu yang diwariskan melalui genetika, dimana terjadi kekurangan atau tidak lengkapnya pigmen (warna) kulit, mata dan rambut. Sebab itu kulit orang albino pada umumnya putih pucat yang gampang terbakar sinar matahari. Selain itu, rambut juga putih dan matanya mempunyai penglihatan yang kurang baik serta sangat peka dengan cahaya.

Di beberapa tempat, kehadiran orang albino dihubungkan dengan mitologi dalam cerita rakyat. Seperti masyarakat asli dari Panama, orang dengan albino disebut Kuna. Mereka adalah orang yang dihormati sebab membela bulan dari naga yang lapar  sehingga dikatakan pula sebagai 'anak bulan'. Tapi laporan lain mengatakan mereka merupakan kelompok yang dikucilkan serta tidak diperbolehkan untuk menikah dengan penduduk asli.

Yang mengharukan, di Tanzania serta di bagian lain Afrika Timur masih ada yang mempercayai bahwa organ tubuh orang albino mempuyai khasiat yang luar biasa. Bahkan konon juga dapat mendatangkan keberuntungan serta kekayaan seperti sebuah jimat. Di pasar gelap, harganya menginjak ratusan juta, terutama pada kedua kaki, kulit dan tangan mereka.

Pemerintah setempat pernah memberikan hukuman mati kepada orang yang terlibat dalam pembunuhan seorang albino. Meski demikian, upaya tersebut tidak menghentikan jual-beli organ orang albino.  


Sumber : health.detik.com

Artikel Terkait

Anak Albino Dipandang Normal Berkat Kemunculan Karakter Film Frozen 'Putri Elsa'
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Komentar cerdas dan bermanfaat....