16 Mei 2016

Menjaga Kesehatan Kulit juga Sendi dengan Asupan Kolagen Secara Teratur

Kolagen untuk kesehatan kulit hingga sendi baru

Sebagian besar orang sudah menyadari bahwa kita memerlukan nutrisi dasar seperti vitamin D, vitamin C, kalsium dll. Tetapi, kita tidak mesti menyadari ada beberapa elemen yang lebih kompleks, seperti kolagen yang juga diperlukan oleh tubuh kita.

Kolagen merupakan protein yang banyak terdapat di dalam tubuh kita serta sangatlah penting untuk sejumlah fungsi yang berbeda.

Apabila Anda ingin meningkatkan fungsi seluruh tubuh serta meningkatkan tingkat kesehatan Anda, maka perlu mempertimbangkan untuk memperbanyak asupan kolagen setiap harinya.

Apakah Kolagen itu?

Kolagen merupakan protein berserat larut yang sepertiganya tersusun dari protein. Kolagen yaitu asam amino rantai panjang yang terdiri dari individu asam amino glisin, hidroksiprolin, arginin, dan prolin.

Setidaknya dalam tubuh kita ada 16 jenis kolagen. Kolagen paling sering ditemukan pada tulang, kulit, dan jaringan ikat tubuh.

Kolagen membantu menciptakan dukungan struktural serta kekuatan otot dan tulang. Juga dapat membentuk elastisitas bagi kulit Anda serta memberi kontribusi untuk pengembangan pertumbuhan sel baru untuk mengganti sel yang lama serta sel yang mati. Beberapa macam kolagen juga bisa berfungsi melindungi organ di seluruh tubuh.

Apa mamfaat utama kolagen?

Kolagen adalah komponen penting dalam tubuh. Kolagen mempunyai peran signifikan dalam 4 bidang utama. Kolagen mempunyai manfaat utama pada sendi, nafsu makan, perut, dan kulit.

  • Kulit


Manfaat paling nyata dari kolagen adalah pada kesehatan kulit. Seiring dengan pertambahan usia, kulit cenderung menipis serta kehilangan kelenturannya  melalui proses yang disebut elastosis.

Elastosis memunculkan banyak tanda dari penuaan, termasuk kulit kendur dan keriput. Kolagen bisa membantu membalikkan tanda dari penuaan serta meningkatkan kelembapan kulit dan elastisitasnya.

  • Sendi


Meski tidak secara langsung terlihat, kesehatan sendi juga dipengaruhi oleh kolagen. Mengkonsumsi suplemen kolagen penting untuk sendi supaya membantu melumasi bantalan sendi dan meningkatkan pergerakan sendi serta dapat mengurangi peradangan yang berpotensi menimbulkan nyeri sendi.

Perannya di dalam pertumbuhan sel-sel baru juga mendukung perkembangan sel penting dalam jaringan sendi serta mendukung kenyamanan gerakan Anda.

  • Perut


Kolagen juga ikut membantu melumasi perut sekaligus sistem pencernaan. Hal ini berfungsi untuk menjadikan pencernaan lebih baik.

Kolagen berfungsi untuk melindungi usus serta saluran pencernaan dari kondisi yang merusak, seperti halnya penyakit Crohn, bisul, dan banyak lagi lainnya.

  • Selera makan Anda


Kolagen adalah komponen penting untuk mengendalikan nafsu makan. Mengkonsumsi kolagen dengan teratur mempunyai manfaat mengurangi hasrat mengkonsumsi karbohidrat dan gula, menekan dorongan makan berlebih, dan mengurangi lemak hormonal di perut.

Selain manfaat tadi, kolagen juga memiliki fungsi untuk membantu Anda tidur agar lebih nyenyak, meningkatkan respon kekebalan tubuh, memperbaiki penglihatan, membantu mengendalikan stres, dan masih banyak lagi.

Tubuh kita secara alami akan memproduksi kolagen, nutrisi ini juga secara bertahap akan menurun sejalan dengan meningkatnya usia.

Selain usia, gaya hidup, pola makan, stres, ketidakseimbangan usus, dan lain-lain, juga memberi kontribusi pada penurunan kemampuan tubuh kita untuk meghasilkan kolagen.

Mengkonsumsi suplemen kolagen bisa menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan serta mengkompensasi penurunan alami produksi oleh tubuh dikarenakan faktor usia.


Sumber : health.kompas.com 

Artikel Terkait

Menjaga Kesehatan Kulit juga Sendi dengan Asupan Kolagen Secara Teratur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Komentar cerdas dan bermanfaat....