06 Mei 2016

Cara Mencegah Kelembaban Kulit yang Berkurang (Kering) dengan Melakukan Rutinitas Harian Anda

Cara Sehat Merawat Kulit Kering terbaru

Ada sebagian orang yang memang mempunyai jenis kulit yang kering. Hal itu disebabkan karena kurangnya produksi minyak alami yang disebut sebum. Produksi sebum yang tidak mencukupi, menjadikan kelembapan kulit kurang. Kulit yang kering biasanya akan gatal, bersisik, dan perih. Berikut ini adalah perawatan yang tepat untuk kulit kering agar bisa lebih sehat.

  • Pakai pembersih wajah yang lembut supaya bisa mempertahankan minyak alami

Bersihkan serta cucilah kulit wajah setiap hari supaya kotoran yang menutupi pori-pori hilang. Tetapi, untuk Anda yang memiliki kulit kering, berhati-hatilah karena ketika Anda mencuci wajah berarti Anda juga menghilangkan elemen kelembapan dari kulit Anda.

Apabila Anda bertanya "Haruskah saya berhenti mencuci wajah setiap hari?" jawabannya adalah tidak. Mencuci wajah setiap hari merupakan hal yang sangatlah penting untuk menjaga kebersihan dan kesegaran kulit. Tetapi, memang sebaiknya memakai sabun yang lembut, yang mempunyai kandungan pelembap. Ini akan membantu menjaga kelembapan kulit Anda.

  • Tambahkanlah sedikit tetesan minyak di saat mandi

Cobalah untuk menambahkan satu sendok teh jojoba oil atau almond oil. Kulit Anda akan lembab selama berendam dan saat mandi sudah selesai, kulit tidak akan kering seketika. Coba lakukanlah ini dua kali seminggu & kulit Anda akan terasa lebih lembab.

  • Minumlah air putih lebih banyak

Baru minum ketika haus, itulah yang kebanyakan orang lakukan. Tidak salah memang, rasa haus adalah tanda awal Anda dehidrasi. Para pakar merekomendasikan untuk minum air putih 7-8 gelas per hari. Jika lebih dari itu, apabila jika kondisi fisik Anda sangat aktif.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh akan membantu menjaga kelembapan kulit. Tetapi, jangan pernah berpikir bahwa dengan minum sebotol air putih masalah kulit kering Anda bisa teratasi. Ini merupakan salah satu cara mengatasinya.

  • Tambah pelembap di dalam rutinitas harian

Pada umumnya, kulit kering akan sering merasa gatal karena kulit kering sangat sensitif dan memerlukan perawatan khusus. Perawatannya sebagai berikut. Tahap pertama, siapkan pelembap dengan kualitas baik. Tahap kedua, oleskanlah pelembap pada bagian kaki, pundak, tangan, leher, bahu, dan wajah karena di bagian tersebut merupakan area tubuh terkering. Pelembap dapat membantu kulit terasa kenyal dan lembut.   

Untuk memperoleh hasil maksimal, sebaiknya Anda mengoleskan pelembab saat kulit dalam kondisi setengah lembab. Saat terbaik untuk melakukannya adalah setelah mandi atau berendam. Anda dapat mengoleskan jojoba oil, minyak kelapa, shea butter, dan sejenisnya untuk membantu melembabkan kulit.

  • Hindarilah memakai air keran saat membersihkan wajah


Fluoride, klorin, dan berbagai macam zat kimia biasanya terkandung dalam air keran. Lebih baik apabila Anda menggunakan air mineral kemasan atau air yang sudah disaring. Tidak ada air mineral, Anda dapat memakai lotion pembersih yang bebas alkohol serta mengandung bahan alami.

Cara Sehat Merawat Kulit Kering


  • Waspada pengelupasan kulit

Kulit yang kering umumnya akan bersisik dan tidak mulus. Jangan menyerang area tersebut dengan scrubber. Lebih baik, lakukan pengelupasan kulit seminggu sekali. Jangan buru-buru saat mengerjakannya. Anda bisa menyiapkan waktu khusus, lakukan pengelupasan, pijat dengan minyak dan setelah selesai oleskanlah pelembap di kulit.

Waktu terbaik melakukannya adalah menjelang tidur. Ini dapat membantu kulit untuk menyerap kelembapan serta kulit akan menjadi lebih lembut saat Anda bangun di pagi hari.

  • Hindari melakukan kebiasaan buruk

Konsumsi alkohol, kafein ataupun merokok merupakan penyebab kulit kering. Terlebih lagi rokok, selain buruk untuk kulit juga sangat buruk untuk kesehatan seluruh tubuh Anda. Jangan pernah mencobanya, jika sudah terlanjur stop sekarang juga.



Sumber : health.kompas.com 

Artikel Terkait

Cara Mencegah Kelembaban Kulit yang Berkurang (Kering) dengan Melakukan Rutinitas Harian Anda
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Komentar cerdas dan bermanfaat....