13 Mei 2016

Ternyata ! Kopi Bermanfaat Untuk Menurunkan Resiko Kanker Kulit dan Penyakit Jantung

Minum Kopi Bermanfaat Untuk Menurunkan Resiko Kanker Kulit dan Penyakit Jantung

Berbicara mengenai kopi, tidaklah asing di telinga orang Indonesia bahkan dunia. Kopi merupakan salah satu minuman yang terpopuler. Selain rasanya, kopi juga mempunyai manfaat apabila dikonsumsi tidak berlebihan. Kopi bisa mengurangi resiko penyakit kanker serta jantung. Dua penyakit yang paling terkenal di dunia karena berisiko fatal.

Dari American Journal of Epidemiology, penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi kopi secara rutin mempunyai resiko yang lebih rendah terkena dari beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, serta kanker kulit, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi sama sekali.

Menurut pimpinnan penelitian tersebut, Erikka Loftfield, "Di dalam kopi mengandung beberapa senyawa biologis aktif, seperti asam fenolik, kafein serta kalium."

Para peneliti memakai data dari studi sebelumnya kepada 90.317 orang dewasa tanpa riwayat penyakit jantung ataupun kanker semenjak tahun 1998 sampai tahun 2009. Pada penelitian itu, responden melaporkan jumlah konsumsi kopi serta rincian dietnya.

Setelah memperhitungkan faktor lain seperti merokok, para peneliti menemukan ternyata peminum kopi memiliki resiko lebih kecil mengalami kematian karena penyakit jantung.

Hasil penelitian lain yang mengamati 447.357 orang juga menemukan hasil bahwa seseorang yang lebih sering meminum kopi mempunyai resiko terserang melanoma lebih sedikit. Melanoma adalah salah satu jenis dari kanker kulit. Hasil itu didapat setelah mempertimbangkan banyak faktor seperti jenis kelamin, umur, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik, serta indeks masa tubuh peserta.

"Kami menemukan bahwa apabila dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi kopi, mereka yang rutin mengkonsumsi kopi setidaknya 4 cangkir per hari mempunyai resiko rendah terkena melanoma bahkan sampai 20%," tulis para peneliti di dalam Journal of the National Cancer Institute.

Erikka Loftfield mengambil kesimpulan bahwa kopi bisa menjadi bagian gaya hidup Anda, tapi tetap dilakukan bersama-sama dengan aktivitas yang sehat seperti olahraga teratur, serta istirahat yang cukup.

Minum Kopi Bermanfaat Untuk Menurunkan Resiko Kanker Kulit dan Penyakit Jantung baru


Sumber : health.detik.com

Artikel Terkait

Ternyata ! Kopi Bermanfaat Untuk Menurunkan Resiko Kanker Kulit dan Penyakit Jantung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Komentar cerdas dan bermanfaat....